Teknologi Informasi & Komunikasi (internet)

Materi Teknologi Informasi & Komunikasi                                              21/02/2013
Pengantar Internet
Apa itu internet ?
Internet adalah sekumpulan komputer atau server yang saling terhubung satu sama lain melalui berbagai macam media (kabel, radio, satelit dll). Komputer-komputer tersebut letaknya tersebar di seluruh belahan dunia sehingga memungkinkan terbentuknya suatu jaringan informasi global. Semua komputer dihubungkan oleh suatu protokol standard yang sama yang disebut TCP/IP (Transfer Control Protocol/Internet Protocol). TCP/IP ini dapat diumpamakan sebagai bahasa yang dimengerti oleh semua jenis komputer yang terhubung ke Internet. Protokol TCP/IP ini memberikan suatu IP Number (nomor IP) yang unik untuk tiap komputer yang terhubung ke Internet sehingga lalu lintas data di Internet dapat diatur. Untuk memudahkan kita mengingat maka dibuatlah IP Address (alamat IP) sebagai epresentasi dari nomor IP.
Contoh nomor IP : 203.130.205.65
Contoh alamat IP : amikom.ac.id
Manfaat Internet
• Komunikasi
Internet memungkinkan terjadinya komunikasi yang super cepat antara suatu pihak dengan pihak lainnya, tanpa mengenal batasan ruang dan waktu.
• Informasi
Internet merupakan sumber informasi yang melimpah (hampir tanpa batas) yang terus berkembang seiring dengan makin berkembangnya Internet itu sendiri.
• Kolaborasi
Kolaborasi yang dimaksudkan di sini adalah suatu proses menyelesaikan suatu pekerjaan secara bersama-sama (team-work). Internet merupakan media yang sangat membantu suatu kolaborasi yang biasanya terhambat oleh ruang dan waktu. Melalui Internet kita dapat melakukan suatu konferensi (conference) dengan berbagai pihak di mana pun mereka berada. Kita bahkan dapat mengerjakan suatu pekerjaan secara bersamaan melalui Internet.

clip_image002[4]clip_image002[6]

Bagaimana Menghubungkan Diri ke Internet?
Untuk menghubungkan diri ke Internet, kita perlu berlangganan ke suatu Penyedia Jasa Layanan Internet (Internet Service Provider – ISP). Ada 2 (dua) macam
cara kita dapat menghubungkan diri ke Internet, yaitu:



1. Dial-up Connection
Dial-up Connection merupakan koneksi ke Internet yang bersifat sementara.
Untuk Dial-up Connection kita membutuhkan
Perangkat keras (hardware):
• Komputer
• Modem
• Saluran Telepon
Perangkat Lunak (software):
pada umumnya disediakan oleh ISP dimana kita berlangganan.
Username (login) dan Password: disediakan oleh ISP dimana kita berlangganan, login tidak dapat diganti sedangkan password dapat kita ganti sendiri secara berkala untuk menjaga keamanan.
Yang kita perlu kita lakukan adalah:
• Berlangganan ke salah satu ISP terdekat
• Memasang modem ke komputer kita
• Meng-install software Internet yang disediakan oleh ISP
• Menghubungkan diri (dial-up) ke ISP
2. Dedicated Connection
Dedicated Connection bersifat menetap artinya hubungan ke Internet berlangsung selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu dan 365 hari setahun, non-stop. Jenis koneksi ini banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan atau institusi-institusi lain dengan jumlah karyawan dan komputer yang cukup banyak. Suatu institusi yang menggunakan jenis koneksi ini akan membuat jaringan komputer lokal (Local Area Network – LAN) di lokasinya dan menghubungkan LAN mereka ke Internet melalui suatu ISP dengan hanya menggunakan 1 (satu) buah modem dan saluran telepon sewa (leased line) yang online selama 24 jam non-stop. Semua komputer yang terhubung ke LAN institusi tersebut akan memiliki akses ke Internet melalui jalur yang sama.
Tentunya diperlukan peralatan tambahan untuk jenis koneksi ini.
APA ITU WWW DAN HTML ?
World Wide Web, atau yang biasa disebut Web, adalah suatu kumpulan informasi pada beberapa server komputer yang terhubung antara satu dengan yang lain dalam jaringan Internet. Informasi dalam web mempunyai link yang menghubungkan informasi ke informasi lain didalam Internet. Link memiliki tanda khusus, baik berupa teks bergaris bawah dan berwarna, ikon atau bisa juga berupa gambar. Bila anda ingin mengetahui apakah teks atau gambar merupakan link dari suatu informasi lihatlah perubahan pada penunjuk mouse. Jika berubah menjadi gambar tangan, maka tulisan/teks dan gambar tersebut merupakan link dari suatu informasi yang terdapat di Internet.
World Wide Web
Dalam bekerja dengan Web terdapat dua hal yang penting yaitu Web Browser atau yang lebih dikenal Browser dan Software Web Server. Kedua software seperti sebuah sistem Client-Server. Web browser bertindak sebagai client dan Web server sebagai server. Client memungkinkan Anda untuk mengiterprestasikan dan melihat informasi pada Web sedangkan server memungkinkan Anda untuk menerima informasi yang diminta oleh browser.
HTML (Hyper Text Markup Language)
HTML adalah suatu format data yang digunakan untuk membuat dokumen Hypertext yang dapat dibaca dari satu Platform komputer ke Platform komputer lain tanpa perlu melakukan perubahan apapun.Dokumen HTML dapat disebut juga Markup Language karena mengandung tanda-tanda tertentu yang digunakan untuk menentukan tampilan suatu teks dan tingkat kepentingan dari teks tersebut dalam suatu dokumen. Sistem yang digunakan dalam menghubungkan satu informasi dengan informasi yang lainnya melalui Link yaitu hypertext yang kemudian berubah menjadi hypermedia yang dimana link-link penghubung bukan lagi berbentuk teks tetapi dapat juga berbentuk gambar, suara atau juga video.
Apa Itu Home Page
Home Page adalah halaman pertama dari suatu website yang berisi berbagai Informasi tentang apa dan siapa dari perusahaan atau organisasi pemilik website tersebut. Didalam website tersebut juga terdapat Informasi tentang link-link yang menghubungkan antar dokumen yang satu dengan dokumen yang lainnya.Setiap pribadi atau organisasi perusahaan yang memiliki informasi di World Wide Web akan memerlukan suatu alamat atau URL khusus yang disebut Website.
Apa itu HyperText Transfer Protocol ( HTTP )
HTTP adalah suatu protokol yang menentukan aturan yang perlu diikuti oleh Web browser dalam meminta atau mengambil suatu dokumen, dan oleh Web server dalam menyediakan dokumen yang diminta untuk mengakses dokumen HTML. Jika anda sedang menjelajahi Web dan melihat tulisan seperti http://www.disney.com atau http://www.detik.com ini merupakan salah satu penggunaan protokol HTTP dalam web. Dan dapat dipastikan bahwa anda akan berhubungan banyak dengan protokol ini jika sedang mengakses Web.
Uniform Resource Locator ( URL )
URL adalah suatu sarana yang digunakan untuk menentukan lokasi informasi pada suatu web server. Format umum suatu URL adalah :Protokol ransfer ://nama host/path/nama file
                                                                                    
• Protokol transfer adalah protocol yang digunakan oleh suatu browser untuk mengambil informasi.
• Nama host adalah nama dari komputer dimana informasi tersebut berada
• Path/nama file adalah jalur serta nama file dari suatu informasi.
Protokol Transfer
Protokol transfer adalah suatu protokol yang digunakan untuk pengiriman informasi di Internet. Selain HTTP, dalam Internet juga dikenal beberapa protokol lain, diantaranya adalah :
• FTP (File Transfer Protokol). Protokol ini dirancang untuk memungkinkan pemakai mentransfer file dalam format teks atau biner dalam server komputer di Internet. Contoh ftp.usma.edu/pub/msdos/.
• Gopher. Protokol ini dirancang untuk mengakses server gopher. Contoh gopher://wiretrap.spies.com/.
• News (Network News Transfer Protokol). Protokol untuk mendistribusikan berita di Usenet. Usenet adalah sistem yang dirancang sebagai forum diskusi dengan didasarkan pada topik-topik yang disebut newsgroup. Contoh : news:comp.infosystems.www.announce.
• Telnet. Protokol yang digunakan untuk login ke suatu server komputer.Dengan protokol-protokol tersebut, browser Anda dapat bertindak sebagai client dari protokol tersebut.
Berikut ini adalah contoh dari URL :
http://www.dlanet.com/flash/index.html
dimana :
- http adalah protokol yang digunakan
- dlanet.com adalah nama dari server komputer
- flash adalah jalur dari informasi yang dicari
- index.html adalah nama file dimana informasi itu berada.
Semoga bermanfaat ya,,,.thankz by Akhmad Susanto(Alumni SMANSABELGA 12)
http://Akhmadsusanto26.blogspot.com
Sumber: Tonny Hidayat, S.Kom Tonny_hank@yahoo.com

Comments

Popular posts from this blog

Alasan mengapa Harus Berpindah ke Google+ (sudah era nya Google+)

Picasa